Fatimah nisyapuri

6/08/2016

Fathimah Nisyapuri
ilustrasi :fatimah nisyapuri 



"Fatimah dikenal sebagai seorang ahli ma’rifat besar dikalangan sufi wanita pada zamannya. Ia tinggal di Khurasah Abu Yazid Al-Busthami sering mengunjunginya, dan sangat memujinya. Fatimah tinggal di Makkah, namun sering melakukan perjalanan ke Yerusalem dan kembali ke Makkah. Fathimah wafat ketika sedang melaksanakan umrah pada 223 H.

Dikatakan bahwa Dzun Nun Al-Mishri adalah kenalannya. Pada suatu kesempatan, Fhatimah mengiriminya sebuah hadiah. Dzun Nun menolak menerimanya dengan alasan bahwa adalah suatu tanda kekurangan dan ketidakmampuan jika menerima sesuatu dari wanita. Fathimah berkata, “tak sesuatu pun yang lebih baik atau lebih besar dari seorang sufi di dunia ini daripada mengabaikan sebab-sebab yang bersifat temporal (dibalik fenomena-fenomena). 

Ucapan-ucapan yang dinisbahkan kepada Fhatimah Nisyapuri di antaranya adalah, pertama, “Barang siapa yang tidak memiliki Tuhan di alam kesadarannya, dia adalah manusia yang keliru dan tertipu, apapun bahasa yang digunakannya dan siapa pun temannya. Tetapi barang siapa yang berkawan dengan Tuhan, dia tidak akan pernah berbicara kecuali dengan ketulusan dan senantiasa setia berpegang teguh pada kehati-hatian yanag penuh kerendahan hati serta pengabdian yang penuh gairah alam perilakunya. Kedua, dimasa kini, seorang yang memiliki kejujuran spiritual sejati dan kesalehan selalu dihantam oleh lautan yang ombaknya kaeras. Dia senantiasa berdoa kepada Tuhan agar dibebaskan dan diselamatkan dari ombak-ombak tersebut. Orang yang beramal agar bisa menyaksikan Al-Haqq adalah seorang ‘arif’, dan orang yang beramal agar Al-Haqq menyaksikan dirinya adalah seorang ‘abid’. [4] 

http://fakorrosyik.blogspot.co.id/

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

pesan di sini ...

Nama

Email *

Pesan *

Kata mutiara

Allah Masih Memberiku Waktu " Hari ini aku masih terbangun karena Allah masih memberiku waktu di dunia, memberiku waktu untuk hidup agar aku dapat menghapuskan dosa-dosaku dengan melakukan kebaikan"